Sunday 11 September 2016

FEP Binusian 2020 & HTTP 2016






Inagurasi with BBN03 +Jakarta Convention Center 30/08/2016


            Hello guys,long time no see ! Pasti pada heran kenapa Saya sebagai owner tiba-tiba muncul dan menulis artikel tentang ospek di Kampus baru Saya yaitu Binus University. Sebenarnya ini merupakan satu dari sekian tugas yang diberikan pada saat mengikuti Academic Orientation (AO).Apa itu AO? Nanti dijelaskan secara singkat di artikel ini.

Ospek di Kampus Saya mempunyai hal yang berbeda saat ospek daripada Kampus yang lain. Ospek ini di berikan nama FEP,singkatan dari "Freshmen Enrichment Program". Keren sih namanya lebih berkelas gitu.

Oke kali ini Saya akan menjabarkan apa saja sih yang ada di FEP Binusian 2020 ini.

1. General Orientation
Ini adalah bagian utama dari FEP,di sini kita di bimbing oleh Kakak kelas yang kita kenal kalau di masa-masa sekolah adalah kakak-kakak dari OSIS.Namun,di sini kita menyebutnya dengan sebutan BC (Buddy Coordinator). Kita sebagai Buddy di bimbing oleh Kakak BC untuk mengetahui kebiasaan apa saja yang harus dilakukan di Kampus dan mengenali tempat-tempat penting di Kampus. Tidak seperti ospek saat di sekolah yang tidak lepas dari "Bullying" di FEP Binus ini kita benar-benar menjalani ospek seperti layaknya kita diperkenalkan di kehidupan perkuliahan untuk mahasiswa baru. Kita diberikan materi tentang apa-apa saja yang harus di perhatikan saat mulai perkuliahan nanti dan bagaimana tata aturan yang ada di Binus University. Tidak lupa para BC memberikan games yang seru agar kita tidak jenuh saat masa-masa FEP ini. Oh iya, di FEP Binus 2020 ini kita di bagi 5 batch,yaitu : ABN,BBN,CBN,DBN,dan EBN. Dimana setiap batch dibagi kelas.Kebetulan Saya dapat kelas BBN 03. Banyak banget kalau Saya ceritain keseruan & keceriaan di BBN 03 ini. Tidak bisa diuraikan dengan kata-kata.
Sesi kebersamaan di Kampus Syahdan
source: personal documentation

Sesi kebersamaan di Kampus Syahdan
source: personal documentation

Sesi kebersamaan di Kampus Syahdan
source: personal documentation



Para BC BBN 03
source: personal documentation


2. Organization Skill
Disini kita bakal menemukan ini di UKM atau HMJ yang ada di Binus University. Gimana caranya tuh kalau mau join? Gampang kok ! Tepatnya pada hari terakhir FEP di sesi EXPO. Biasanya para UKM / HMJ mendirikan stand bagi kalian yang ingin bergabung. Kalian bebas ingin memilih UKM/HMJ apa saja yang kalian mau. Semakin banyak kalian bergabung di UKM/HMJ semakin banyak pula pengalaman yang kita dapat. Tapi,pintar-pintar mengatur waktu ya ! Kalau Saya sendiri baru ada satu UKM yang Saya ikuti yaitu Cyber Security Community (CSC) yang penasaran bisa kalian cek Di sini . Kenapa kok cuman satu? Balik lagi ke masalah waktu kalau bagi Saya.

3. Academic Orientation
Ini dia yang ditunggu-tunggu bagi para mahasiswa baru yang sudah penasaran bagaimana kegiatan belajar mengajar di Kampus. Berbeda 180 derajat saat kita sekolah di SMP ataupun SMA. Disini kita dilatih mandiri dalam kegiatan menggali ilmu. Maksudnya mandiri apa tuh? Bukan mandi sendiri xD tapi mandiri disini seperti berikut :

  • Aktif di Dalam kelas 
              Aktif disini yaitu seperti bertanya kepada dosen dan menjawab apa yang ditanyakan oleh dosen. Karena disini lah kita "branding" diri kita sendiri. Supaya dosen tahu bahwa kita anak yang aktif dan dosen bisa tergerak hatinya untuk memberikan nilai plus terhadap mahasiswa tersebut.
  • Teamwork
            Teamwork sendiri sebenarnya sudah di mulai saat kita menjalani FEP di sesi General Orientation. Kita diharuskan membuat yel-yel untuk setiap kelas. Disitu Teamwork sudah terbuat. Kalau di Academic Orientation  teamwork disini seperti solve the problem . Setiap kita dapat tugas/masalah baru kita bisa menyelesaikannya dengan cara berkelompok. Itu akan mempermudah tugas yang berat kalau dikejarkannya secara individu.

4. HTTP (HIMTI Togetherness and Top Performance)

HTTP sendiri sudah dilaksanakan oleh HIMTI sejak tahun 2001. Jadi tahun ini sudah gelaran ke-16 untuk HTTP. Dan kemarin pada tanggal 10 September 2016 HTTP ke-16 di gelar. Acaranya... PECAH ABIS ! Acara HTTP itu kalau Saya bisa simpulkan seperti Gath & Welcoming Party Mahasiswa Teknik Informatika Binusian 2020 Kemanggisan dan Alam Sutra. Isi acaranya banyak performance dari anggota HIMTI. Yang paling seru adalah saat visualisasi. Kita bisa menjajal aplikasi buatan dari HIMTI di luar auditorium. Dan di akhir acara ada guest star yang membuat acara semakin seru dan pecah abis ! Berikut Saya berikan foto-foto di Acara HTTP 2016 :
HTTP 2016
Flashmob dari HIMTI

Visualisasi dari Anggota HIMTI

Perkenalan dari Dosen SOCS Binus

Suasana Ruangan

Suasana Ruangan

Suasana Ruangan

Showcase

Showcase

Showcase

Showcase

Showcase

Showcase

Showcase

Logo HIMTI

Showcase

Photobooth

Performance from Revolution

Bersama Teman dari BBN03
Saya (Pojok Kiri dari View Pembaca)

Bagaimana? Dari foto aja udah kelihatan meriahnya acara HTTP 2016 kan. Pokoknya FEP (Ospek) di Binus dan Event di Binus sangatlah luar biasa,bermanfaat,and unforgettable untuk Saya. So,Bagi kalian yang tahun depan ada rencana masuk Binus,Saya tulis artikel ini supaya kalian paham dari maksud FEP, Dan Event HTTP bagi kalian yang berencana masuk jurusan Teknik Informatika seperti Saya. Akhir kata Saya akhiri artikel ini. Thanks for Read !




-Irvan Pramadika Ramadhan
School of Computer Science
Binusian 2020
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Our Fanpage